Monday, October 7, 2019

Bertemu PM Belanda, Jokowi Promosi Sawit RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini hari berjumpa dengan Pertama Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Bogor, Senin (7/10/2019). Jokowi katakan, pertemuan ini jadi peluang Indonesia untuk mengulas beberapa hal strategis di bagian perdagangan serta investasi dengan negara kincir angin itu.

"Belanda adalah satu diantara partner penting Indonesia di Eropa. Baik di bagian perdagangan, investasi, atau pariwisata," kata Jokowi.



Jokowi katakan, antara beberapa negara Eropa, Belanda adalah partner perdagangan ke-2 paling besar serta partner investasi pertama yang datangkan pelancong paling banyak ke empat dari Eropa untuk Indonesia.

Baca Juga : Definisi Pengertian

Indonesia akan menguatkan kerja sama yang sampai kini sudah berjalan dengan memakai kerangka kemitraan mendalam yang telah dipunyai oleh ke-2 negara.

"Ditengah-tengah keadaan perekonomian dunia yang alami trend pelemahan, kita butuh berusaha tingkatkan kerja sama ekonomi dengan beberapa partner, terhitung dengan Belanda," tutur Jokowi.

Di bagian perdagangan, Indonesia selalu tingkatkan perdagangan yang terbuka serta adil. Tidak lupa, Jokowi mengemukakan tentang konsen Indonesia atas kebijaksanaan Uni Eropa pada kelapa sawit Indonesia.

"Saya menghormati kerja sama yang baru di tandatangani oleh Indonesia serta Belanda di New York pada 26 September 2019 waktu lalu tentang peningkatan kemampuan petani kecil sawit untuk membuahkan kelapa sawit yang lestari," tuturnya.

Sesaat di bagian investasi, Indonesia ajak Belanda tingkatkan kemitraan di bagian infrastruktur maritim serta pengendalian air. Jokowi mengulas usaha tingkatkan kerja sama di bagian vokasi, terhitung di bagian kemaritiman serta keperawatan.

"Saya berikan pada PM Rutte jika dalam 5 tahun ke depan, saya akan memberi prioritas peningkatan SDM. Oleh karenanya pendidikan jadi penting, khususnya pendidikan vokasi," katanya.

Sumber : https://sinau.info/

No comments:

Post a Comment