Tuesday, February 5, 2019

Musisi Pro dan Kontra RUU Permusikan Bertemu Bertukar Ide

Beberapa musisi seperti Arian ‘Seringai’, Danilla Riyadi, Band Gigi, Rara Sekar, Marcel Siahaan, Once Mekel sampai musisi kawakan Chandra Darusman mendatangi lokasi Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin (4/2/2019). Kehadiran beberapa musisi untuk mengulas tentang RUU Permusikan yang sekarang jadi kekacauan karena beberapa masalah ada yang tidak logis sampai dipandang mengebiri kebebasan berekspresi beberapa musisi.

Anang Hermansyah sebagai anggota Komisi X DPR RI sekaligus juga penginisiasi RUU Permusikan itu pun hadir untuk dengar aduan dari beberapa musisi. Diskusi ini langsung dipandu oleh Glenn Fredly. Selain itu, terlihat juga beberapa musisi melemparkan pertanyaan draft RUU Permusikan. Seperti Rara Sekar, Wendy yang memberi pengakuan sikap berkaitan RUU Permusikan sampai Marcel Siahaan.

Baca Juga : Tips Memilih Drum dengan Tips Membeli Drum

"Naskah akademik dibuat 2017 bulan Juli, kita bersama mengulas. Kita miliki team bersama untuk mengulas. Dari mulai proses produksi kreasi, distribusi, mengkonsumsi itu kita ulas disana. Kita membaca, demikian panjangnya," tutur Anang.

Selanjutnya, berkaitan pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan beberapa musisi, Anang memang memakluminya. Lebih dari masalah 5, masalah 18, masalah 19, masalah 32-35, masalah 42 serta masalah 50 yang dipandang bertentangan dengan beberapa musisi. Buat Anang pasal-pasal itu masih tetap bisa direvisi sampai dirubah. Serta dia menyatakan jika RUU Permusikan masih tetap berbentuk draft.

Simak Juga : Cara Merawat Drum

"Ini perihal masih tetap draft, yang memang perlu input dari kita semua, telah mewakili apakah belumlah. Ini karena itu kuncinya ya ini hari kita berjumpa," tutupnya. Selain itu, Danila Riyada mengutarakan apakah yang diterangkan Anang Hermansyah belumlah menjawab persoalan industri musik di Indonesia.

"Saya pribadi masih tetap ngerasa belumlah terjawab, sebenarnya saya lebih senang meretas pasalnya satu-satu selalu ngomong, untuk pastikan mas Anang menjadi musisi serta aktor seni pun pikirkan permasalahan peka ini. Serta saya masih menampik terdapatnya RUU," tutur Danila

Baca Juga : Tips Perawatan Drum dengan Cara Mudah Merawat Drum

Penolakan pada RUU Permusikan ini, beberapa aktor musik yang di isi dari kelompok vokalis, pencipta lagu sampai beberapa pengamat musik membuat Konsolidasi Nasional Tolak RUU Permusikan. Di mana dalam konsolidasi itu ada 262 aktor musik yang mengatakan dengan tegas menampik RUU Permusikan.

No comments:

Post a Comment